Mengapa
sebuah organisasi membutuhkan perencanaan strategi untuk sistem informasi?
Dewasa
ini perkembangan teknologi sudah sangat pesat, setiap sudut di kehidupan kita
pasti tidak lepas dari tuntutan teknologi, begitupula teknologi informasi yang
semakin hari mengalami pertumbuhan yang sangat dinamis. Begitu pun juga
organisasi atau perusahaan, pada era modern ini bisnis yang hanya didukung oleh
murni strategi bisnis saja tidaklah cukup. Mengapa demikian? Sebab di era
modern ini kita dituntut serba cepat dan fleksibel, begitu juga dengan bisnis
yang dijalankan oleh sebuah organisasi atau perusahaan, kebutuhan akan
informasi yang cepat mengalir ke setiap bagian-bagian pada sebuah organisasi,
informasi yang akurat dan tepat sasaran, semua itu didukung oleh pemanfaatan
teknologi informasi yang optimal, dalam arti perusahaan dapat menggunakan
teknologi informasi tersebut secara benar dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan
oleh perusahaan.
Namun
seringkali banyak perusahaan/organisasi yang memiliki teknologi informasi tapi
tidak dapat menggunakannya secara optimal, hal ini lah yang membuat pembelian
teknologi informasi menjadi sia-sia, ada beberapa factor yang menjadi alasan
utama mengapa hal tersebut bisa terjadi, diantaranya adalah sumber daya manusia
dari organisasi tersebut yang belum siap untuk menerima teknologi informasi,
tren bisnis yang sedang atau akan terjadi di masa mendatang, serta tren IT di
masa mendatang
Oleh
karena itu, sebelum merencanakan strategi untuk sebuah sistem informasi, perlu
dicermati dua aspek pada organisasi (aspek internal maupun aspek eksternal),
aspek internal organisasi yang harus dicermati adalah :
a.
Struktur Organisasi
Bagaimana
hubungan keterkaitan antara fungsi di dalam organisasi?
b.
Prosedur dalam Organisasi
Bagaimana
prosedur penciptaan produk atau jasa yang ditawarkan?
c.
Sumber daya Manusia dan Budaya
Perusahaan
Bagaimana
karakteristik individu yang bekerja pada perusahaan?
d.
Infrastruktur Perusahaan (asset,
keuangan, manusia, informasi dan lain-lain)
Apa
saja infrastruktur yang telah dimiliki oleh perusahaan?
Sedangkan untuk aspek
eksternalnya adalah
a.
Pelayanan (service)
Pelayanan
seperti apa yang akan diberikan?
b.
Pasar dan Pelanggan
Bagaimana
karakteristik dari pasar dan pelanggan?
Secara umum kegunaan perusahaan memiliki perencanaan
strategi sistem informasi antara lain :
a. Mampu
menyeleraskan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi dengan bisnis.
b. Memperbaiki
daya saing atau meningkatkan kompetensi organisasi
c. Mengoptimalkan
sumber daya yang terbatas yang dimiliki oleh organisasi
d. Menjamin
bahwa teknologi informasi yang direncanakan dan dikembangkan mampu menjawab
kebutuhan organisasi akan informasi
e. Meningkatkan
profit bagi perusahaan
EmoticonEmoticon